Minggu, 24 April 2011

Life Begins at Forty

foto dari mbah google tapi lupa link-nya

Sebuah pesan pendek dari seorang sahabat, kuterima di pagi buta :
"Mhn do'a utk kesembuhan suami sy, kemarin ashar terkena serangan stroke di RS Al Islam. Sampai isya, kondisinya smpt membaik, malam mburuk dan sampe skrg anggota badan kiri blm bisa digerakkan lg. semoga kami diberikan kekuatan dan kesabaran mnrm ujian ini. amiin..."

Terhenyak aku.
Seorang dokter, di usia 44 tahun, sedang praktek di rumah sakit besar, memeriksa pasien ke-3, tiba tiba saja stroke.  Tanpa riwayat sakit sebelumnya. Untung kejadiannya di rumah sakit. segera mendapat penanganan yang terbaik. Penyakit yang sudah diketahui selama ini asam urat. Tapi pas kejadian, ternyata kolesterol lagi naik. Tekanan darah juga pas naik. Tapi alhamdulillah, satu hari kemudian tekanan darah dah normal kembali.

Jadi inget judul lagu. Life begins at forty. Hidup mulai di usia 40. Usia pas sampai pada kematangan karir, kemapanan finansial dan kebijakan spiritual (semoga).
Di usia 40-an  juga, anak anak menjelang remaja, penuh dengan cita cita.... Terbayang olehku putrinya yang baru kelas 3 SMP dan mau menempuh UN. (akhirnya enggak diberitahu kondisi ayahnya). Pak Dokter yang mau menguji mahasiswa co ass. dan istrinya beberapa hari lagi mau presentasi beasiswa doktoralnya. Ya Allah, manusia benar benar tak berdaya di depan Kuasa-Nya.

Ya kalau memang bener seseorang dah mencapai kematangan spiritual pada usia itu, pasti dia juga akan banyak mendapat ujian. Kata Allah gak akan seseorang dibiarkan mengaku beriman, tanpa ujian. Akan diuji seberapa besar keimanan itu. Ibarat pohon, makin menjulang makin kencang angin menerpa. Ada yang sepoi, menyejukkan. Bisa juga badai yang memporak porandakan.
Katanya keimanan akan Ke-MahaBijaksanaan Tuhan, akan membuat kita menerima apapun keputusanNya.

Ah... memang mungkin bener, kehidupan yang sesungguhnya dimulai di usia 40. Penyakit udah mulai datang satu persatu, apalagi kalau sebelumnya enggak dijaga baik baik. Perjuangan yang sesungguhnya dimulai. Tingginya cita cita melawan kekutan fisik yang mulai renta. Yihaaa.. .gak bisa dipungkiri tenaga sudah nggak sekuat pas muda lagi.  Life begin at forty, walaupun age just state of mind.

Syukurlah suami temanku itu, minggu ini sudah mulai fisioterapi. Semoga sehat kembali.... beraktifitas kembali.... Amiiin...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Kesan