Kamis, 27 Oktober 2011

Citra Oh Citra

Itu bukan lagu jadul yang mendayu dayu itu ya..

Ini mau #curcol sedikit soal kantor... hehe..
Beberapa hari lalu, pas aku asyik masak nyiapin makan malam si Abi yang lagi nonton tivi tiba tiba manggil
"Dek dek... sini bentar " nunjukin acara tivi.  Tempat nonton kami memang nyambungnya ke dapur.  Tampaklah gambar beberapa rekan sejawat sedang melakukan SPN
"SPN itu apaan sih ?" tanyanya lagi
"oh itu sensus pajak, di tanya tanya tentang usahanya, trus udah punya NPWP belum. Klo udah punya, sudah melakukan kewajibannya atau belum... " jawab si dedek setengah ngasal. (harap maklum kantorku gak ikut SPN, dan kami gak nerima sosialisasinya)
"Ah, itu mah cari "proyekan" aja..." Abi komentar setengah negatif
"Waah... klo cari "proyekan" yang enakan dong, ini mah sebaliknya. Udah banyak tuh teman teman yang sakit karena harus keluar dua hari sekali. Ini kan karena penerimaan dituntut naik terus, yah kita cari cara gimana caranya ningkatin penerimaan. Ini mah semacam penyuluhan dan edukasi kewajiban aja.." *ummi sotoy masih mencoba meyakinkan sambil tetap memasak
"Alaah... penerimaan tuh udah tercapai berlipat lipat, kalau saja kalian nggak ngambil jatah" sambung si Abi
"Ih.. jatah yang manaa ? Orang tuh nyari mati kalau masih berani main mata setelah modernisasi ini !" (*mulai naik darah deh)
"Buktinya ada Gayus !. Gayus kan belum lama, udah modern juga. " Abi membela diri
"Eit jangan salah ya.. Gayus itu main mata sama instansi di luar kami" *Ummi tambah sengit
"Ah, kamu aja yang nggak tahu kali. Hari gini mana ada yang bersih " kata si Abi lagi.
"Ummi tersinggung !!  Kalau nggak ada yang bersih,nggak halal atuh harta yang kita makan selama ini !" *si Ummi emosi beneran.
"Yah, Abi bukan ngomongin kamu laah.."
"Coba deh ya, mau dikemanain ribuan orang yang berusaha bersih. Berapa % sih orang yang bener bener buruk di instansi Ummi ?
Ummi yakin jumlah  orang yang berusaha baik dan "masa mengambang" yang bisa diajak ke kebaikan, masih jauuh  lebih banyak daripada orang orang yang berkelakuan buruk itu"   *Ummi tetep mencoba meyakinkan

si Abi diam. Mungkin kaget juga, istrinya ternyata bisa nyolot. Ummi diam diam menangis. Gimana mau meyakinkan orang orang di luar sana ? Klo orang terdekat saja belum yakin.
(Ih, asli aku belum pernah melawan suamiku sekeras barusan)

*Semalem si Abi membawakan daku booklet SPN, entah dapat dari mana atau di sensus di mana.
Fact : Ditjen Pajak mencatat sedikitnya ada 20 juta orang wajib pajak pribadi yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Namun dari jumlah itu baru sekitar 8 juta wajib pajak yang melapor serta membayar pajak. Sementara itu untuk wajib pajak badan, jumlah yang terdaftar mencapai 1,2 juta, namun kurang dari 500 ribu wajib pajak badan yang melapor dan membayar pajak 


Foto diculik dari sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Kesan