Kamis, 10 November 2011

Pahlawan

Ada  satu kata kata Ustadz Anis Matta dalam catatan "serial pahlawan". Aku baca udah lama banget, dan mungkin tidak persis.
"Pahlawan bukanlah orang yang besar yang melakukan hal hal besar, Pahlawan adalah orang orang yang dengan segala keterbatasannya berusaha melakukan hal hal terbaik yang dia bisa"
Uff.. inspiring banget.


Aku melihat begitu banyak pahlawan disekelilingku.
*Ibuku, dengan 7 anak, seorang working mom, walau ada ART, berusaha  memasak sendiri makanan rumah dan menjahit baju untuk anak anaknya.Mengajarkan membaca dan menulis. Masih sempat ber-crafting ria
*Ayahku , sering membantu Ibu mengerjakan tugas domestik, dengan mencuci dan menyeterika sendiri pakaiannya, bahkan sering menambal/menjahit keliman celana yang sobek, menyapu, dan mengasuh anak anak. Bahkan memandikan dan mengajak jalan jalan sore.
*Suamiku, selain mencari nafkah, juga sperti ayahku, banyak membantu tugas domestik. Sampai kami punya anak 3, gak ada ART, anak dititip, kami bantu membantu masalah cucian dan setrikaan. Bebersih rumah, pasti suamiku. Sekarang, wlp sudah ada ART suamiku masih rutin menyapu, beberes, mengepel dan tentu saja.. mengasuh anak anak. hehehe
*Bibiku sekarang, memperlakukan anak dan cucunya sedemikian protektif. Karena anaknya dapat suami kok ya kebetulan tidak bisa diandalkan.
*Nenek pemulung langganan, badannya sudah bungkuk, suaranya sudah begitu pelan, tapi setiap hari masih keliling mencari barang bekas. Gelas aqua, karton, kertas bekas, dipanggulnya di punggung. Anak anak suka mengumpulkan sampah sampah kering itu, dan memberikan secara khusus buat nenek.
*Teman temanku semua yang inspiring juga. Dengan segala kesibukannya ada yang mengurus 9 anak, bahkan ada yang punya anak 10, subhanallah, tanpa ART, tetap bisa beraktifitas  memberikan sumbangsih berarti untuk masyarakat.
*Teman teman working mom, yang selalu berusaha memberikan dan melakukan yang terbaik buat keluarga, kalian semua pahlawan.

Jadi inget kata teman sekamarku dulu, pembilang yang sama dibagi dengan penyebut berbeda, pasti hasilnya berbeda. Aku melihat diriku sendiri. dengan keterbatasan ilmu, fikiran, kemampuan, dan waktu, semoga bisa menjadi pahlawan untuk keluargaku terutama, dan orang orang di sekelilingku, Buat instansiku, buat masyarakat, dan buat agamaku tentu saja, yang akan menjadi tumpuan kekalku kelak. Semoga !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Kesan