Kamis, 12 April 2012

Apa Tugas Harian Anakku ?

Hihi.. ini postingan emak emak pisan. Biarin deh. Daripada orang nyangka aku emak emak super bisa ngerjain ini dan itu. Mending aku ceritain.
Semua ini bukan sulapan cyn..soalnya nggak punya tongkat Harry Potter.
Bukan juga dikerjain sendiri. Mana kuaat.... eh mana taahaaan....
Mending diceritain. Siapa tahu bisa jadi inspirasi buat emak emak lain.
Aku dan suami sepakat melatih anak mengerjakan pekerjaan rumah sedini mungkin. Walaupun itu juga belum gitu gitu amat. Masiih sangat jauuuuh... dibandingkan apa yang dilakukan orang tua padaku dahulu. (gak tau ya.. pada suami qqq.. biasa kan anak laki suka diperlakukan lain)
Fathimah : Menyapu ruang tamu dan teras, mengelap kursi teras, termasuk mengepel teras luar ketika habis hujan, masak air pagi hari dan sepanjang hari. Air minum habis ? tinggal teriak ; Mbaaaaakkk.. maka dia tau maksudnya apa
Selain itu dia bertugas menyiapkan perlengkapan makan malam. nyiapin piring, masukin sayur dari dapur ke ruang makan, dan membereskan meja setelah peperangan eh acara makan selesai dll
Fikri : setiap pagi nungguin air PAM ngalir. Mengisi 2 tong persediaan air, 2 bak mandi, 2 ember cuci dan 1 ember persediaan air minum. Klo air PAM nggak ngalir, Fikri dan Abi bekerja sama menimba air dan mengusung pake ember ke bak mandi.
Merapikan kamar sendiri dan menyapu lantai dua. (isinya cuma kamar dia dan ruang setrikaan). Dia petugas ini itu untuk urusan sarapan. Menggelar karpet untuk shalat Maghrib berjamaah. (hal sepele gini aja bisa jadi bahan keributan lho..)
Fadhila : merapikan tempat tidurnya sendiri, membuka jendela, menyapu kamarnya, kamar umi, ruang makan dan ruang belakang. termasuk membereskan meja makan di pagi hari sebelum ada sarapan. dan petugas untuk makan siang. Ini jarang dilakukan, paling akhir pekan aja. pasang karpet ruang tengah klo malam hari buat duduk duduk / belajar bersama.
Firda : merapikan tempat tidurnya sendiri, menutup jendela kamar, menyapu ruang tivi dan dapur.

Tugas lain adalah :
-semua wajib mengeluarkan sampah ke gerobak sampah yang datang seminggu dua kali di hari Rabu dan Sabtu (termasuk Faiz ya..)
-semua anak menyiapkan sendiri buku pelajaran, pakaian dan perbekalan / keperluan sekolah lainnya. ngejadwal aku nggak pernah bantu sedikitpun mulai kelas satu SD. Nyiapin baju sekolah aku nggak pernah bantu mulai kelas B. (udah masuk kamar dan pakai baju sendiri, kalau salah kostum ya resiko) *kejam nggak sih ? Nggak ada cerita juga aku nganterin buku PR dan buku buku lain ke sekolah karena mereka lupa bawa. Supaya mereka belajar bertanggung jawab dan belajar menanggung resiko atas kelalaian. (duh .. bahasanya)
-aku nggak pernah suapin anak anakku di pagi hari menjelang sekolah dengan alasan biar cepat atau biar mau makanlah - sejak mereka kelas B. Resikonya bagiku adalah menyiapkan sarapan sepagi mungkin (krn anak anak suka lama kalau makan) atau pilih sarapan yang mudah buat anak. Resiko buat anak anak, klo mereka sarapannya lama ya bakalan telat ke sekolah.
Klo nyuapin di luar waktu itu siih.. kadang kadang, maksudnya satu suap dua suap gitu deeeh... bukan sepiring ya..
-Mandi, aku udah lepasin anak anak mandi sendiri sejak kelas B. Palingan dikontrol sesekali rambutnya, telinga dan belakang telinga, ketiak, leher dsb. Atau dengan pesan sponsor bagian bagian tubuh mana yang harus mendapat perhatian utk dibersihkan. Memang hasilnya mungkin tidak maksimal. Tapi aku nggak mau anakku telat belajar dan aku jadi emak yang kerepotan.
- cuci piring sendiri sendiri termasuk wadah bekal makan siang/tempat minum dsb terutama di malam hari karena aku lihat, klo pagi kadang aku sibuk masak gak keawasin.
-membereskan lemari baju masing masing. biasanya di akhir pekan
-mengganti seprei/sarung guling/bantal masing masing. *nunggu umminya sadar seprei kamar anaknya dah kelamaan
-tugas ke warung beli kerupuk, beli nasi kuning, beli minyak dsb apapun aku nggak bedain anak laki / perempuan. Siapa yang lagi gak ada tugas sekolah atau tugas lain, itu yang berangkat ke warung.

Jadi ... apa tugas ummi dooong...???  yah selain yang disebutkan di atas tentunya. Emak emak pasti tau kan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Kesan