Rabu, 09 Mei 2012

Ummi, Kapan Aku Haid ?

Ini niy, satu lagi cerita punya anak menjelang ABG alias akil baligh gitu lho..
Belajar ngomongin yang dulu kita anggap tabu tabu dan saru saru sekarang aku harus nebalin kuping dan nebalin muka pura pura biasa aja, walaupun sesungguhnya masih terkaget kaget.

Aku udah sering dengar pertanyaan itu dari F1, secara dia kan udah kelas 2 SMP eh kelas 8 yah.. dan sekarang belum haid. *asyik,masih ada waktu menyiapkan kedewasaan
Dan aku jawabnya sih, tunggu aja. Ya emang tunggu aja.
Aku pernah tanya sama temanku yang dokter, katanya haid ini juga ada faktor keturunan. Jadi kalau ibunya haidnya usia berapa, anak juga bakal ikut. Walaupun itu juga sekarang dipengaruhi oleh hormon hormon tubuh kita yg dipengaruhi oleh makanan (ber MSG, ber pengawet,katanya mempercepat ya) terus juga oleh tontonan tontonan.

Nah kini giliran F3 yang nanyain. Dia kan baru kelas 5. Memang sih, secara body udah hampir nyamain kakaknya.
Nah pas kemaren F3 nanya pelan pelan di kamarku
"ummi,kapan aku haid ya...teman temanku yang kecil kecil juga sudah pada haid"
"tunggu aja, nanti juga tiba waktunya. Emangnya Ayuk udah siap.. Kalau udah haid berarti sudah baligh. Sudah mukallaf. Sudah harus menjalankan kewajiban agama dengan sebaik baiknya. Misalnya : Shalat tepat waktu (soalnya dia susah dibangunin), menjaga pergaulan (Ayuk lebih gaol dr Mbak) , menjaga pandangan (meski kelas 5, ayuk udah CCP), puasa, dll"
"Yah, aku belum siap sih ..."
"Nah, berarti Ayuk masih dikasih waktu sama ALlah untuk belajar dan mempersiapkan diri"
"Emang Ummi dulu haid kelas berapa ?"
"Kelas 3 SMP"
"Ih.. lama amaat. Yah, tapi nggak papa lah. Ummi, kata teman Ayuk kalau mau cepat haid pikirin aja yang jorok jorok"
("Hah ?" *panik panik. tapi harus tetap tenaang... tarik napaaasss... baru juga kemaren Mak Sondang ngomongin dampak pornografi)
"hehe.. tuh kan baru juga Ummi bilangin menjaga pandangan, menjaga hati.."
"Hehe... nggak lah Ummi. Aku nggak mau mikirin yang gitu" kata Ayuk sambil berlalu.

Duuuh duuuuh...
Ya Allah jagalah anak anak kami dari hal hal yang tidak Engkau Ridhoi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Kesan