Minggu, 26 September 2010

Kenangan Lebaran 2

Hari ke Tiga di Lampung

Alhamdulillah, bangun pagi Lebaran, anak-anak gak ada yang rungsing.
Kebayang kan, antrian mandinya, ada tiga keluarga di rumah Eyang, keluargaku, dua keluarga adikku dan Eyang sendiri.
Klo Eyang punya kamar mandi pribadi.
Dua kamar mandi sisanya untuk 7 anggota keluargaku, 4 keluarga adik bungsu, dan sepasang adikku dan suaminya.
Tapi alhamdulillah semuanya lancar, lagian masjid cuma di seberang, jadi nggak buru buru amat.

Pagi tadi sudah siap siap memotong ketupat (-ternyata ini jadi tugas aku selama lebaran-setiap ketupat habis, aku yg diminta motong motong)
Anak-anak sudah sarapan dengan menu lebaran, aku juga melihat bekas sarapan Eyang di meja makan, eh, ternyata pas kita mau berangkat shalat, Eyang masih tiduran.
Si Abi menemui Eyang di kamar, katanya Eyang sakit.
(Perasaan pagi tadi masih shubuh di masjid deeeeh....)
Ya sudahlah, akhirnya kita tinggalkan Eyang di rumah sendirian.

Pas shalat Ied, alhamdulillah Faiz gak rewel, tapiiii.. malahan yang rewel kakak kakaknya, berebut di samping Ummi. Padahal kan sisi umi cuma ada dua, kanan dan kiri, sedangkan anak gedenya ada tiga, Mbak, Ayuk dan Teteh.
Grhhhhh......

Sepulang shalat, salam salaman, Eyang udah nungguin di depan, tapi enggak pake baju baru. Biasanya Eyang pake baju baru. Kami semua salam salaman sama Eyang, baru kemudian keluargaku juga salam salaman sendiri.
Ritual berikutnya seusai shalat Ied, adalah ziyarah ke makam Ibu. Semua kakak dan adik kumpul. Abi delapan bersaudara.
Tapi kali ini sepertinya ada yang berbeda, itu kumpulnya nggak bareng. Jadi udah hampir jam 11 baru ke makam, dekat aja sih, memang, tapi nggak nyaman aja.
Biasanya adik membeli bunga tabur, tahun ini juga tidak ada bunga tabur.
Ke makam kita cuma berdoa pendek, membersihkan ala  kadarnya dan kemudian pulang karena yang bapak bapak mau shalat Jumat.

Trus sampai mereka pulang siang itu, juga tidak ada pembicaraan untuk nengok adik Ayah di Metro.
Aku cuma berani nanya ke Abi, kok nggak ada pembicaraan mau ke Metro sih ?
Aneh deh, Bi. Abi cuma nyengir.

Ini ada foto foto dikit, dari kamera hape si Mbak.


tiga cowok ganteng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Kesan