Rabu, 23 Januari 2013

Cuti Hari Ketiga : Peluncuran Sekolah Ibu

Sudah jauh jauh hari bu Siti minta bantuan dan dukungan untuk peluncuran Sekolah Ibu di RW 06 kelurahan tempat aku tinggal. Eh alhamdulillah kok ya harinya pas sama pekan saat aku ambil cuti tahunan ini.
Sebenarnya sudah banyak pihak yang membantu persiapan sekolah ibu ini. Yah, mungkin karena Ibu Siti sudah merasa dekat denganku jadi tidak mau kalau aku ketinggalan event ini.

Apa sih Sekolah Ibu ?
Sekolah Ibu adalah lembaga nonformal yang berada di bawah naungan Rumah Keluarga Indonesia. Kegiatannya adalah memberikan pendidikan buat ibu ibu ataupun calon ibu sesuai dengan prinsip Islam 'tarbiyah madal hayah' / long life education / belajar sepanjang hayat .

Apa saja yang diajarkan di Sekolah Ibu ?
Macam macam atau tepatnya segala macam hal / ilmu yang diperlukan oleh seorang ibu dalam menjalankan fungsi serta perannya. Materi sekolah ibu antara lain tentang agama/dien, keuangan, psikologi, kesehatan, lingkungan, teknolongi tepat guna, pendidikan anak, dsb bahkan juga ada materi materi ketrampilan yang sekiranya dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan ibu ibu.

Bu Siti ini orangnya sangat bersemangat, sekaligus prigel kalau kata orang Jawa, cekatan. Aktif gitu deh. Padahal beliau seorang ibu dengan dua putra/putri yang sudah beranjak dewasa dan juga membutuhkan perhatian. Tetapi subhanallah, inspiring sekali, Ibu saat ini masih dapat mengelola 3 kelompok pengajian. Satu di masjid, dan dua kelompok di rumah beliau untuk belajar tahsin dan belajar ilmu agama. Yang muda muda sampai dibikin malu saking cekatannya beliau. *yah harap maklum juga kalii.. kita kita masih punya bayi

Ibu membuka ladang pahala baru dengan dibukanya Sekolah Ibu ini. Pesertanya sebagian besar adalah ibu ibu wali murid PAUD yang dikelola oleh RW.  Acaranya berlangsung hari Rabu tanggal 9 Januari lalu. Digelar secara sederhana di halaman rumah bu RW. Semua ibu ibu yang menyiapkan. Karpet, kursi, konsumsi, sound system, kado, dll.
Untuk peresmian sendiri dilakukan oleh Ketua Bidang Kewanitaan ibu Hj. Mulyani. Dan 'kuliah umum' disampaikan oleh Ibu Hj. Erna Kurniawati aka Ummu Maryam (istri mantan ketua DPRD kota Bandung periode lalu). Subhanallah, Bu Erna berkenan hadir untuk acara tingkat RW. Jempol dua buat bu Erna.

Trus aku ngapain ? hihi aku kan figuran. Aku bertugas pesan spanduk, mengambilnya di tempat pesan dan dan memasangnya di lokasi. Hihi kok bukan dari percetakan yang masang, yaah.. namanya juga udah dapat harga diskon, cuma 15rebu/meter, masa minta pasangin juga. Trus nganter nganter logistik gitu sama foto foto. hehehe.. tapi seneng kok. Lihat semangat ibu ibu yang hampir semuanya membawa anak anak balita *guebanget kemana mana bawa balita* dan melihat sinar mata mereka yang berbinar binar saat bu Erna menyampaikan kuliah umum dan saat panitia menyampaikan rencana belajar selama setahun, abis deh segala lelah mondar mandir ini itu.

Setelah tugasku selesai aku langsung capcus ke kantor .(lho.. katanya cuti... iyah, cuma mau tanda tangan DP3 dan ambil bolu meranti oleh oleh Sondang yang sudah menanti di kantor)

bu Hj. Mulyani (kiri) diskusi serius dengan bu Siti (kanan)

 peserta Sekolah Ibu

bu Erna ceramah. namanya acara emak emak, tetep ada intermezo

mahal sekali tatapan begini dari bu Siti,  lega..... acara usai

2 komentar:

  1. Disini belum ada deh sekolah ibu macam itu Mba Titi...

    Melihat sosok kayak Bu Siti itu...adem, teduh, inspiring banget. Jadi malu, sama Allah, sejauh ini blm punya karya buat sesama^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum ada, bisa bikin dong, idenya kurang lebih seperti ini. Bisa juga kita yang mengawali dengan berbagi di tingkat RT.
      Memang bu Siti ini so inspiring .... seneng deh bersama beliau, selalu bersemangat ...

      Hapus

Silakan Tinggalkan Kesan