Kamis, 26 Desember 2013

Hari Ibu bersama Ibu dan Anak

Ceritanya kemarin kami mengadakan peringatan Hari Ibu. Acaranya disatuin sama acara Bincang-Bincang Santai (BBS) Rumah Keluarga. BBS-nya sendiri ini udah kali kedua. Kali pertama pertengahan tahun kemarin bersama Ibu Atalia Kamil dan Ibu Zulaeha Rahman. Kali ini nara sumbernya adalah Ibu Yuria Pratiwi Cleopatra, nama tenarnya Teh Patra- alumni ITB yang sudah lulus S2 Keuangan Syariah di UI. Temanya nggak jauh-jauh dari seputar keluarga dan mendidik anak.

Sebelum acara BBS dimulai, acara dimeriahkan dengan lomba mewarnai untuk siswa TK yang notabene adalah  anak-anak peserta BBS.
Acara dibuka dengan tasmi' (mendengarkan hafalan Al Qur'an) surat An-Naba. Full  40 ayat. Dibawakan oleh Sofi - kelas 5 SD Cendekia Muda. Sofi ini putri Ibu Nailah ketua Pimpinan Cabang Persaudaraan Muslimah (Salimah) Ujungberung. Wah, kalau ketemu anak kecil yang sudah mulai menghafal Al Qur'an gini malu hati. Umur segitu dulu aku masih main di sawah dan di kali, dan baru belajar menghafal bacaan shalat. Umur segini sekarang, hafalan juga segini-gini aja. Astaghfirullah...

Setelah tasmi' ada sambutan sebentar dari panitia dan pemaparan oleh Teh Patra. Ramai ? Pastilah. Namanya juga acara ibu dan anak. Anak anak riuh bermain di halaman TK, sementara ibu-ibu tetap konsentrasi mendengarkan apa yang disampaikan Teh Patra saking menariknya.

ini lho ulah anak-anak selama ibunya mengikuti BBS

Beliau cerita tentang mendidik anak. Bahwa memberikan pendidikan terbaik untuk anak itu bukan berarti harus masuk sekolah yang favorit dan mahal. Ya harus disesuaikan dengan kondisi  kita masing-masing. Apa yang tidak didapat anak dari sekolahan, orang tua harus mengusahakan. Sebagai praktisi homeschooling, beliau menceritakan aktivitasnya, di saat sekolah serba mahal, kenapa enggak jika para ibu mengajar sendiri anak-anaknya. Dalam komunitas home schooling ini ibu akan mengajar sesuai latar belakang ilmunya. Misal belajar bahasa ke Mama A. Belajar matematika ke Mama si B, dst.
Ya tapi kembali lagi ke kondisi setiap keluarga. Pilihannya apa. Semua ada kurang lebihnya. Tapi dari pilihan itu, minimal ada 4 hal yang dibekalkan orang tua pada anak :
* kemampuan membaca, memahami dan menghafal Al Qur'an ( krn dari Al Qur'an anak akan mengenal diri dan Tuhannya)
* kemampuan berbahasa - sebagai bekal dia berinteraksi dengan sesama
* kemampuan untuk survive - termasuk ilmu pengetahuan sesuai jamannya ada di sini ya...
* kesehatan fisik
Pas sesi tanya jawab, ibu ibu berebut untuk bertanya. Bukan karena dapat doorprize dari Fera|Faza|Faqih OLShop, tapi karena pengen lebih jelas.

Acara ditutup dengan penyerahan hadiah lomba mewarnai yang berupa piala, piagam penghargaan, bingkisan dan voucher diskon untuk test STIFIN dari Pak Human. Vocer itu dapat digunakan sebagai pengurang biaya test STIFIN yang aslinya Rp.350rb. Buat temen-temen yang mau nanya-nanya tentang STIFIN bisa langsung  berkunjung ke website : www.pakhuman.com atau melalui FB Human Revalsyah / chat WA 087825240626.

Selesai acara panitia langsung rapat evaluasi. Alhamdulillah dapat kejutan masing-masing sekotak nasi kuning dari bu Yani.
Lumayan capek juga, tapi seneng karena acara sukses. Anak senang, ibu senang, keluarga tenang hehehe


Sofi - berkerudung Ungu. Ditemani adiknya
hihi itu yang kerudung biru siapa ya.. menyamar jadi bu guru TK
Juri dan sebagian panitia foto bersama dengan teh Patra (tengah, berkerudung abu)

4 komentar:

  1. Waaah, serunya... heboh si pasti ya mbak...
    Dan mengenai hafalan buat anak-anak... hiiiiii, tutup muka pake jilbab juga..
    aku juga yang masih seputaran itu-itu aja, dah kesalip sama Dzaky sekarang, hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gitu deeeh... acara ibu dan anak selalu heboh, baik pesertanya masih belasan maupun sampai puluhan.
      soal hafalan ini emang PR banget ya... Smg dengan ikut ODOJ, makin maju hafalan kita. Ambil aja lelangan juz akhir. sambil mengulang hafalan Mak...

      Hapus
  2. mbaaak... kesibukanmu itu loh... haduh... aktif di mana2...
    bener2 bukan energizer lagi ini mah baterainya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaaak, anakku kan udah gede gede.. hehehe
      baterenya biasa kook, cuma re-charge-able :p

      Hapus

Silakan Tinggalkan Kesan