Sabtu, 11 Januari 2014

[5] : Kejahatan Yang Tersembunyi


Terjemah
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
1. Katakanlah: "Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.
2. Raja manusia.
3. Sembahan manusia.
4. dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,
5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
6. dari (golongan) jin dan manusia
(QS An-Naas;1-6) 

Aku pernah mendengar taujih tentang ini dari Ust. Abu Syauqi.

Surat An- Naas adalah doa yang diajarkan langsung oleh Allah SWT kepada kita. Doa apa ? Doa memohon perlindungan dari sesuatu.
Mari kita cermati doa ini. 
Yang pertama adalah kita memohon dengan menghadirkan sifat Allah sebagai Rabb/Tuhan. (a'udzu bi rabbin-naas) Rabb adalah Dia yang membina, mengarahkan, memelihara dan melindungi makhluq-Nya.
Kemudian yang kedua menyebut asma Allah sebagai Malik/Raja (Yang Memiliki, Yang Menguasai,Yang Mengambil Tindakan )
Yang ketiga adalah menghadirkan Allah SWT sebagai Ilah. Ilah adalah Yang Disembah, Yang Maha Mendominasi, Yang Maha Mengungguli.

Allah SWT adalah Rabb, Malik dan Ilah seluruh jagad raya dan isinya, tetapi di sini disebutkan khusus sebagai Tuhan manusia, Raja manusia dan Sesembahan manusia agar manusia merasa dekat dengan Allah SWT.
Karena menyeru, memohon hingga tiga kali menyebut Sifat Allah SWT, pastilah yang akan dimintakan setelah itu adalah hal yang sangat sangat penting. Atau hal yang sangat berat untuk ditanggung oleh manusia.
Apa itu ? yaitu kita memohon agar dilindungi dari kejahatan bisikan setan yang biasa bersembunyi.
Modus atau cara beroperasinya setan adalah membisikkan kejahatan itu langsung ke dada manusia. Seolah-olah itu adalah suara dalam diri kita. Jadi seringnya manusia enggak sadar bahwa bisikan itu adalah bisikan kejahatan.
Siapa pelaku pembisik itu ?  Ternyata pelakunya bisa jin bisa juga manusia. Dari sesamanya. Pastilah akan sulit menolak bisikan bisikan tersebut.

Inilah salah satu rahasia Allah SWT mengajarkan kepada kita doa ini. Agar sering sering dibaca. Minimal pas mau tidur yah... baca surat Al Falaq dan Annas, tiupkan ke kedua tangan dan usapkan ke seluruh  tubuh. Atau kita jadikan salah satu bacaan wirid pagi dan petang sebagaimana dalam buku doa Al Ma'tsurot.
Wallahu 'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Kesan