Sabtu, 11 Januari 2014

[6] Adab Masuk Rumah Orang Lain

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتاً غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّى تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَى أَهْلِهَا ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ -٢٧- 
Terjemahan:
Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.
(QS An-Nuur ; 27)  

Kemarin di grup Odoj-ku aku kebagian membaca juz 18 yang antara lain adalah surat An-Nuur ini. Membaca ayat ini, langsung keingat jaman dulu di kampung, ada tetangga bertamu dengan cara selonong boy,  masuk dulu baru manggil-manggil nama tuan rumah.
Dulu sebelum mengerti konsep aurat, aku tidak menganggap itu sebagai masalah meskipun Bapak dan Ibu mengajarkan tidak demikian. kalau kita bertamu ya kulonuwun dulu, udah di monggo-in  baru masuk.

Dan ternyata dari berabad-abad lalu, Allah SWT telah menunjukkan tata caranya kepada kita melalui ayat ini.
Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya.

Rasulullah SAW mengajarkan kalau kita sudah mengetuk pintu dan mengucapkan salam sebanyak tiga kali dan penghuni rumah tidak membukakan pintu, maka sebaiknya kita kembali (pulang),  tidak memaksa masuk dengan mengetuk lebih keras seperti menggedor. Siapa tahu penghuni rumah memang sedang tidak siap untuk menerima tamu.
Rasulullah pun mengajarkan saat mengetuk pintu, maka posisi beliau tidak di depan pintu persis  yang memungkinkan bisa melihat langsung isi rumah saat pintu terbuka yang mungkin akan membuat yang punya rumah malu. Jadi posisi beliau adalah miring di sisi kanan atau kiri pintu. Setelah penghuni rumah membuka pintu dan mempersilakan masuk, barulah beliau masuk.

Subhanallaah..

5 komentar:

  1. Pengen ikutan odoj juga mbak. Cari infonya dimana ya. Kudet banget nih aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaaak... mau gabung odoj? Alhamdulillah.. bisa di smskan no WA atau no pin bb ke 081901383151 .. mau diinvite ke grup odoj dg whats app atau blackberry.

      Hapus
  2. Mbaaaak, aku pernah pas ke tetangga mau ngasih oleh oleh sebentar doang, udahlah aku bawa Gama di gendongan dan dua anak ngintil, trus ketuk pager gak dibuka, pencet bel gak dibuka, panggil nama nggak dibuka juga. Padahal aku sih denger ada suara orang di rumah dan keliatan ada orangnya di dalam. Tapi ya sudah, setelah coba ketuk pager, pencet bel danpanggil nama anaknya gak dijawab ya pulang. Soalnya bisa jadi emang dia gak siap terima tamu, meski sebentar, karena aku jg pernah gitu pas nyusuin Gama, mikirinya mendingan nanti aku samperin rumahnya nanya ada apa daripada Gama kebangun pas dinenenin kan. Meski ternyata si tamuku itu juga niatnya nganter makanan ahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaelah Maaak.. ternyata dirimu pernah mengalami to, dah ngetuk pintu 3x gak dibukain.
      aku jadi ingat dulu waktu jaman kuliah, klo salam 3 kali gak dibalas, sedangkan kami datang bertiga, maka semua orang giliran salam masing-masing 3 kali. klo ingat ini malu rasanya, macam yahudi aja dilarang nangkep ikan hari sabtu, mereka pasang perangkat sejak jumat.

      Hapus
  3. HHmmm, aku dah tau adab ini, dan pernah punya pengalaman pas awal berhijab suka emosi sendiri kalo ada tamu lawan jenis yang slonong boy sementara kita tidak berpakaian yang menutup aurat.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Kesan