Sabtu, 18 Januari 2014

#KEBdiMataku : Tempat Belajar Menginspirasi dan Berbagi

Aku mungkin blogger yang ketinggalan jaman hehe..gimana enggak ketinggalan jaman, di saat manusia sedunia sudah terhubung dengan internet, aku masih berkutat di balik tempurung. Aku baru mengenal internet tahun 2010 (hoiii.. kemana saja ?) Ya, mohon maklum laah... namanya juga orang ketinggalan jaman.
Mulai ngeblog untuk meneruskan hobi menulis diari. Dan aku akan  selalu ingat untuk menyebut guru internetku ; Mas Waldy (dulu bagian IT di kantor) dan guru ngeblog-ku Mak Sondang, yang mengajak saya bikin akun multiply. Semoga ini menjadi catatan amal baik mereka. Amin.

Kumpulan Emak2 Blogger
Pertama kali mengenal KEB secara tidak sengaja.
Ceritanya lokasi kantorku yang sekarang ini benar-benar sangat strategis. Salah satunya adalah dekat toko buku terbesar di Bandung. Suatu ketika, di toko itu ada sebuah even yang menghadirkan para blogger Bandung. Karena waktunya di jam istirahat, aku pun hadir ke acara tersebut, wong tinggal nyebrang jalan aja kok. Di sana ada Bang Aswi, teh Nchie, teh Meti, teh Dey, teh Gia, teh Erry. Ternyata (seleb) blogger yang kukenal itu ramah-ramah ya...hehehe.. pertemuan pertama udah ramai aja. Tapi saat itu karena waktunya pendek dan dalam acara resmi yang sudah ditentukan, belum ada cerita apapun tentang KEB.
Dari situ aku kemudian diajak kopdar dengan salah satu seleblog dari Jawa Timur. Ceritanya ada di sini. Karena pas kesempatan kopdar ini waktunya lebih uang dan lebih santai, kami pun bisa mengobrol banyak hal. Saat itulah teh Nchie nanya apakah aku sudah bergabung dengan komunitas - komunitas blogger. Aku yang ditanya malah cuma melongo. Oh ada to.. hehehe.. maklumlah.. aku kan ber-socmed hanya sesekali saja.
Akhirnya entah siapa yang nyemplungin, aku pun alhamdulillah disetujui oleh Mak Sary untuk gabung di KEB.
Menyesal ? Iyah, menyesal kenapa baru saat itu (pertengahan 2012) aku gabung. Kenapa enggak termasuk 100 orang yang bergabung di hari pertama peluncuran oleh Mak Mira Sahid ? Mak Pon dan merekalah yang telah mengukir sejarah awal KEB.
Bersyukur ? Sudah pasti, karena KEB membuka pintu pintu belajar banyak hal baru bagiku. Tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Yang kudapatkan dari KEB
Dengan anggota yang terdiri dari perempuan semua, membuatku sangat nyaman untuk bersosialisasi dan mengekspresikan diriku di sini. Sesuai dengan semboyan KEB 'Inspirasi Perempuan, Kami Ada untuk Berbagi', aku benar benar seperti kebanjiran inspirasi yang dibagi-bagi gratiiiisss oleh emak-emak anggota KEB yang hebat, smart, cantik dan baik.
Mau cari-cari sesuatu yang terkait dengan hobiku, banyak. Nulis ? aku tinggal pilih aja di antara anggota KEB yang suka nulis. Fiksi, puisi, resensi, reportase ada.....
Masak ? oh.. ini mah banyak banget. Karena setiap emak pasti suka (atau tidak suka) bakal memasak. Dan banyak yang kemudian membagi ceritanya di blog.
Bikin craft ? Ada juga...ya tinggal pilih mau ke mana.
Soal parenting ? soal traveling ? soal shopping ? lengkap ! semuanya ada.
Tinggal pantengin aja grup face book, atau di akun twitter @emak2blogger dengan hestek #updateEmak. Di sanalah emak-emak akan share postingan terbaru. Tinggal klik mana yang mau kita kunjungi saat itu.
Enggak papa kan enggak disebutin satu per satu, ntar pairi-iri hehehe

Selain itu aku juga pernah ikut kelas membuat blog dan memperbaiki tampilan blog di grup face book KEB. Sangat bermanfaat sekali. Tapi pas ada kelas editing aku dengan tahu diri enggak mendaftar, lha online aja cuma sesekali itupun waktunya mepet sekali dengan ini itu yang lain. Aku biasanya mendahulukan posting daripada bewe, karena kalau isi yang di kepala belum dikeluarkan biasanya aku masih kepikiran dan ujung ujungnya enggak bisa tidur.. hehehe..
Semakin lama membaca kisah kiprah emak-emak anggota KEB, semakin merasa kerdillah diri ini. Betapa banyak hal yang bisa diusahakan kalau kita mau untuk mengerjakannya.
Selain itu mengetahui begitu mudahnya mereka sharing ilmu, sharing pengetahuan dan pendapat, bahkan sharing pengumuman lomba (mau lomba kok ngajak ngajak pesaing ya... itulah serunya di KEB) akupun belajar untuk sharing apa yang ada di diriku yang kiranya bermanfaat untuk orang orang di sekelilingku.
Aku juga dapat teman banyaaak... dari acara kopdar kopdar blogger perempuan di Bandung terutama. Meski yang resmi KEB sendiri aku belum pernah bisa hadir, karena setiap KEB punya hajat di Bandung, pas aku enggak bisa. Yah... ini mah belum rejeki aja kaliii....
Aku dapat hadiah juga. hadiah ? Iya... klo ini sih bukan resmi dari kEB, tapi dari anggota KEB yang punya hajatan giveaway. Alhamdulillah beberapa mampir ke aku. Antara lain dari Mak Lusitris, Mak Ika Koentjoro dan Mak Lieshadi, Mak Ika Rahma, Bunda Lahfy, dsb.. seneng kan seneneeg baangeet...

Kesan dan Pesan
Kagumku ada, banyak. Sama Mak Pon terutama, dalam usia begitu muda (lebih muda dariku hehehe) punya ide smart untuk mewadahi blogger perempuan dan memfasilitasi banyak hal.
Sama MakPuh, para makmin, dan penjaga dapur KEB yang menjalankan KEB dari balik layar, subhanallah... mereka gak digaji lhoo... itu hanya panggilan hati semata.... yang kupikirkan adalah bagaimana mereka memenej dan mengalokasikan waktu. Ah... semoga Allah membalas kebaikan mereka semua dan menjadikan aktivitas ini sebagai bagian dari ibadah. Amin.
Pesan :
I love You, loooooove you KEB and all of emak emak KEB, meski kebanyakan  belum pernah ketemu langsung, percayalah cinta ini ada dan tumbuh saat baca status status kalian dan kemudian datang diam diam sebagai silent reader.
Dengan semakin besarnya KEB,  mungkin nanti akan tiba saatnya memberikan wewenang kepada emak-emak di daerah / perwakilan provinsi / benua untuk berbagi dan menginspirasi atas nama KEB, tentunya dengan S&K yang diberlakukan.
Terakhir : KEB, happy birtday,
teruslah berbagi dan menginspirasi.




4 komentar:

  1. Acara di toko buku itu adalah pertemuan pertama kita di dunia nyata ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teteeh.... ih Teteh mah asyik banyak ketemuannyaaa... ngiri dweeh

      Hapus
  2. Aku dong belum pernah kopdaran... hihii bangga

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Kesan