Jumat, 07 Februari 2014

Keajaiban Doa

(وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ)

Dan bila aku sakit Dialah yang menyembuhkannya'
(Q.S.Asy.Syu'ara,ayat 80)


"Ummi, doain aku ya..." itu adalah kata - kata Faiz.
Sering diucapkan kalau dia merasa ada kesulitan atau enggak ada kesulitan pas dia ingat.
Kayak sekarang ini, dia lagi stuck di Iqro' 4 halaman 4. Udah 3 hari aku jelaskan ulang, bukannya dia makin mengerti malah makin bingung. Sampai-sampai semalam dia mengatakan ; Ummi, doain aku dong, biar aku ngerti.

Yang paling sering, adalah dia minta didoakan saat sakit. Walaupun itu sakitnya cuma lecet sedikit. Okey, Faiz memang agak lebay... macam Ayuk aja yang ambang sakitnya rendah.
Setiap dia mengadu sakit maka hal pertama yang kulakukan adalah mengusap-usap bagian yang sakit itu sambil berdoa :
'syafakallah' (semoga Allah menyembuhkanmu) baru kemudian aku kasih obat sesuai sakitnya. Betadin kalau luka, atau sekedar pijit kecil dan minyak gosok kalau pegel-pegel gitu.
Mungkin karena dari kecil diperlakukan demikian, lama kelamaan itu seperti 'kebiasaan'. Bahkan belum sah rasanya misal pas dia jatuh, kemudian Abi yang nolongin dan cuma mengusap-usap saja tanpa mendoakan.

Kenapa kalau sakit aku doain dulu ?
Karena itu 'obat' yang paling murah dan dapat dilakukan seketika itu juga. Nggak pakai nunggu atau antri seperti kalau ke dokter. Doa itu semacam sugesti. Memberikan keyakinan akan kesembuhan seperti ayat di atas. Kalau aku sakit, Allah akan menyembuhkan.
Selain itu, hal ini juga akan mengajarkan kepada anak, bahwa segala sesuatu yang terjadi pada dirinya, tidak terlepas dari kehendak Allah.

Rasulullah pun selalu mendoakan para sahabat beliau yang sakit. Antara lain dengan doa yang pendek ini :
Syafakallah, la ba'tsa thohurun insya Allah
(semoga Allah menyembuhkanmu, nggak papa, -sakit ini- mensucikanmu insya Allah)

8 komentar:

  1. Makasih ilmunya mak.... anak sayapun kalo sakit sedikit aja suka lebaayyy... :)
    Dan kalo ada apa2, suka minta doa. Doain Farras ya Bu... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Farras pinter ya Mak, minta didoakan. Semoga makin besar makin sholeh

      Hapus
  2. Jadi ingat poster yang ada di dinding RSUD Banjar, Mba. Tertempel kata2 seperti di atas. "Dan bila aku sakit Dialah yang menyembuhkannya"

    Semoga Faiz beserta keluarga sehatr selalu ya, Mba. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah.. bagus banget ya.. di RSUD ada tulisan gitu. Kalau di sini yang ada tulisan gitu di RS AL Islam Bandung.

      makasih doanya ya Idah. Aminkan selalu. Semoga dirimu demikian juga. Apa kabar Banjarnegara ? maaf belum belum mampir ke sana lagii

      Hapus
  3. Keajaiban doa aku sering merasakan ini mbak, apalagi waktu baru melahirkan Pascal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak.. subhanallah sekali kan rasanya ya ? Nyes nyes dan kemudian dada pun menghangat karena kita percaya ada yang Mendengar dan Mengabulkan doa kita

      Hapus
  4. Kok Faiz samaan si sama Shita dan Aila... kalo luka/sakit dikit ya obatnya cukup elus2 dan didoakan.. Tosss yukkk ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toooossss jauuuh....
      mungkin karena kebiasaan ya...

      Hapus

Silakan Tinggalkan Kesan