Jumat, 04 April 2014

Tiga Hal Penyebab Patah Hati dengan Odoj

Ini adalah postingan keempatku tentang ODOJ.
Pertama kali aku cerita tentang seluk beluk odoj di sini
Kemudian aku pernah testimoni saat sebulan bersama odoj. Masih semangat yaa.. ibarat pengantin baru mah masih hanimun.
Yang ketiga sudah mulai merasakan tuh, asam dan garam odoj meskipun seiprit, aku cerita tentang tantangan odoj.
Jangan bosan ya, kalau aku mau cerita lagi tentang odoj. Setelah empat bulan aku ber-odoj ria, ternyata ada beberapa anggota grup yang silih berganti. Rupanya mereka itulah yang tidak kuat dengan tantangan odoj. Tadinya postingan ini mau aku kasih judul yang berjatuhan di jalan odoj. hehe.. kayaknya seru gitu lho.. Macam judul buku yang hits di kalangan kampus pada tahun 90-an : "yang berjatuhan di jalan dakwah". Tapi berhubung banyak yang mencari dengan kata kunci patah hati, baiklah, aku tulis aja dengan judul patah hati.

Ih, ada yang nyariin aku ternyata ya.. kadang pakai judul 'blog titi esti". berasa tenar deh
Kalau menurut pengamatanku, ada beberapa sebab kenapa seseorang  patah hati dengan odoj.
* menurunnya semangat odoj
sebenarnya naik turunnya semangat ini adalah hal yang wajar, namanya keimanan itu kan yazid (bertambah) wa yanqus (berkurang). Nah kadang kala, kalau malesnya lagi kumat, rasanya setengah jam untuk menyelesaikan odoj itu susssaaah... banget meluangkannya. Akhirnya kalau sehari nggak selesai, besok jadi PR. besok lagi udah nambah dengan jatah hari besok. dst sampai akhirnya ada yang numpuk utang sampai 5 juz. Akhirnya -di tempatku- bu admin yang baik hati, 'memutihkan' utang tersebut.
Solusiku : berteman dengan orang-orang yang semangat. Jadi selalu tertular semangat mereka. Juga selalu berdoa agar dimudahkan membaca Al Qur'an (Allahummar hamni bil qur'an,... dst)

* kurang kuatnya komitmen.
ada yang bilang odoj atau one day one juz itu udah enggak musim. Jadi kemaren rame - rame ndaftar karena lagi heits. Sekarang musimnya Three Days Three Juz. Haha.. itu mah akal-akalan tetangga sebelah. Intinya sama ya...
Solusiku : kembalikan ke niat / komitmen awal aja. kita ikut odoj itu buat apa.. keinginan siapa dan demi kepentingan siapa sih..
Nah kalau udah ketemu jawabannya, yaitu "untukku" maka insya Allah kita akan selalu berusaha untuk bertahan di jalan odoj

* tidak cocok dengan admin dan atau teman satu grup
Memang dalam satu grup odoj itu berawal dari tidak kenal. Mungkin ada yang sudah kenal sebelumnya, satu dua lah. Rata-rata bergabung dengan orang yang baru dikenal.
Nah, namanya belum kenal, yaa... ada aja deh... sessssuuuatu di antara anggota itu.
Misal : ada yang rajiiin sekali, sehingga pagi-pagi baru aja jadwal di -share  oleh admin, dia langsung lapor done. Eh.. ada doong yang merasa gimanaaa gitu dengan done-nya seseorang di awal waktu. kesellah diaa..
Trus ada yang suka telat lapor, trus dijapri sama admin, tersinggung lah dia....
Akhirnya lama kelamaan ilang deh dari peredaran odoj.
Solusiku : dikembalikan ke hal pertama dan kedua tadi, kalau udah lulus keduanya, maka hal ketiga ini nggak akan terjadi insya Allah. Intinya : luruskan niat, kuatkan semangat.

Soo... buat teman-teman yang  bergabung dengan odoj, semoga cintanya makin berkembang ya... sebentar lagi ramadhan. Syahrul qur'an.... ODOJ ini akan membiasakan kita untuk makin dekat dengan Al Qur'an insya Allah. Saling mendoakan ya..semoga kita semua bisa istiqomah sampai akhir hayat. Amiiin

Mungkin sekarang masih dalam taraf tilawah, tapi insya ALlah nanti akan melangkah lebih jauh, belajar maknanya, belajar tafsirnya, belajar prakteknya dan akhirnya bisa menjadi hafidz dan hafidzoh, insya Allah, Amiin.

Ini jleb banget nggak sih..



8 komentar:

  1. aku mengalami ketiganya mbak :) Tapi Allhamdulilah sekarang sudah asyik di group

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sammaa mbaaak, ini ujian dalam menjalankan kebaikan. Adaaa ajaa... syukurlah kalau mbak Lidya sudah asyik di grup. Saling doa ya Mbak... smg istiqomah ..

      Hapus
  2. Alhamdulillah aku masih bergabung di grup 509.

    Semoga kita selalu istiqomah yah.

    Sejak gabung ODOJ, belum tugas kantor ke China lagi sih. Kebayang harus 'berjuang' lebih di sana untuk setoran dan laporannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya De, bener euy ... musti banyak doa dan saling doa agar istiqomah.
      Pastinya kalau ada perubahan jadwal aktivitas jadi harus bikin penyesuaian
      Semangat Mak, ntar ceritain ya...tantangan odoj pas tugas LN

      Hapus
  3. Tosss sama De, kita satu grup ya De ^_^...
    Samaa mbak, di grupku juga ada cerita-cerita yang mirip.. tapi juga tetap ada yang concern kok.. jadi semoga tetap istiqomah. Masa-masa capek itu juga pernah lah...
    Hehehhe, maaf ya baru komen sekarang.. dah baca kapan hari padahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar dan manusiawi kalau semangat naik turun. Yang penting segera bangkit dan melesat. Hehe
      Berdoa dan saling doa yaaa...

      Hapus
  4. hahah fotonya keren ijin shared yah

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum mbak saya tertarik ikutan grup odoj...

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Kesan