Kamis, 25 September 2014

Faiz Sakiiiiiit !!!

Bukannya lebay yaa... klo nyeritain anak sakit. Cuma, selama ini alhamdulillah kan anakku jarang yang sakit 'serius', palingan juga cuma flu atau batpil gitu. Nah kemarin itu Faiz sakitnya agak lama... gitu... Mana suami lagi tugas ke luar kota (padahal Abi itu juarrraaang buanget tugas luar kota).  Jadi wee... lumayan lieur.

Ceritanya, setelah berakhir pekan di Cirebon itu, sampai rumah kan Sabtu malam. Minggu itu sebenernya Faiz gak bepergian kemanapun. Padahal hari Ahad itu aku kurilingan dari pagi nganter Abi ke travel, terus kondangan, terus ke Pameran Buku Bandung.
Senin dia sekolah seperti biasa. Nah senin malem itu dia mulai panas. Hari selasa dia bolos gak sekolah, aku masih kasih obat turun panas biasa. Trus hari Selasa malem itu aku bawa dia ke dokter. Dapet obat turun panas, multivitamin dan antibiotik karena di lehernya seperti ada radang gitu. katanya sakit kalau makan. Ternyata pulang dari dokter dan minum obat, panasnya enggak turun. Bahkan sempat kejang juga. Dan kali ini, kejangnya tuh lain dari kejangnya anak-anakku yang lain. Biasanya kan anak yang lain pakai gerakan menghentak-hentak gitu. Nah ini Faiz tuh, enggak... cuma matanya aja menatap kami bergantian. Trus tangannya agak kaku gitu, tapi diajak komunikasi sama sekali enggak nyambung. Langsung aku telpon dokter dan dokternya alhamdulillah bersedia ke rumah. Trus malah sekalian membelikan obat kejang yang dimasukkan dari dubur buat jaga-jaga. Semaleman aku berusaha berjaga, bentar-bentar ngganti kompresan di kepala Faiz, trus setiap 4 jam kasih dia paracetamol. Aku minta Fikri tidur di bawah, biar kalau ada apa-apa gampang mbanguninnya. Si tiga gadis juga kuminta jangan kunci pintu kamarnya. Pokoknya siaga deh. Jam 3 Ayuk bangun nggantiin aku ngeronda. Alhamdulillah bisa tidur sebentar.
Rabunya aku nggak ngantor, nemenin dia. Selain khawatir kejang lagi juga, aku harus memastikan Faiz mau makan dan minum terutama, supaya enggak lemas dan panas badannya tidak terlalu tinggi . Soalnya dia ada muntah juga. Selasa malem itu dia muntah 2x.
Makannya bubur bayi nestle itu... minumnya aku belain apa aja yang penting dia mau minum. susu, air madu dan air putih bergantian.
alhamdulillah dia mau dikompres, padahal biasanya enggak mau lho..
Rabu sore pas dia rada turun panasnya gitu, Ayuk ngajak ngobrol dia.
'Faiz.. kamu sembuh atuh... kasian ummi tuh tadi malem nggak tidur gara-gara jagain kamu'  kata Ayuk
'Iya gitu Mi ?' Faiz konfirmasi ke aku. Aku cuma senyum trenyuh lihat dia lemes gitu.
Nah pas malemnya sebelum dia tidur, dia bilang ke aku gini :
"Ummi, nanti kalau aku tidur, ummi ikut tidur aja. Jangan jagain aku terus.." 
iiiiih... so sweet nggak siih... dia lagi sakit gitu, masih mikirin umminya.
Aku pun mengiyakan, walau dalam prakteknya susah juga ya... namapun takut anak kejang. karena sampai Rabu itu panasnya masih naik turun gak jelas.

Hari Kamis aku ngantor lagi sambil bentar bentar nelpon dia dan memastikan dia mau minum. Alhamdulillah hari Kamis ini Abi pulang dari Yogya. Jadi setengah harian ada yang jagain Faiz selain Bibi.
Aku masih konsultasi dokter juga, kenapa panasnya nggak turun-turun. Kata dokter tunggu 3 hari baru bisa cek lab.
Karena hari Kamis sore sampai Jumat pagi dia agak baikan, ya udah Jumat kami masih ngantor. Abi juga langsung ngantor karena ditungguin laporan kegiatan di Yogya-nya. Ya walaupun setiap diajak makan dia kayak males banget gitu... tapi masih maulah, walaupun sedikit. Pokoknya masih yang halus halus.

wajah males makan
Akhirnya Jumat malem kami ke dokter lagi. Melihat tanda - tanda fisiknya kata dokter kemungkinan Faiz ada gejala typus. Lambungnya juga kena dilihat dari muntah, mual kalau makan dan sejak dia panas dia belum BAB.
Jumat malem itu dokter kasih pengantar ke Lab.
Hari Sabtunya, kami ke Kimia Farma. Nggak tega juga lihat muka Faiz. Tapi alhamdulillah dia dikasih tau dan diajak bicara mau mengerti. Bahwa ini untuk mengetahui penyakitnya. Khawatir DB juga kaan...

tangan Faiz bekas diambil darah
Dia sempat nangis sedikit waktu diambil darahnya. Tapi kata perawat, segitu mah masih termasuk pinter, nggak memberontak. alhamdulillah.
Hasil dari lab, dia ternyata gejala typhus. tapi di ada penurunan juga di trombosit. Jadi kata dokter harus periksa lagi 1x24 jam. Maka dokter pun memberikan resep baru untuk sakit typhus.
Malam itu Faiz tidur nyenyak. Panasnya juga udah turun. 
Ada kejadian lucu lho... besoknya pas dikasih tau bahwa dia musti cek lab lagi, dia bilang nggak mau sambil reflek memegang tangan kanannya. haha.. rupanya dia 'melindungi' tangan sebelahnya itu. Karena tangan kiri juga masih sedikit nyeri di tempat bekas diambil darah .
Akhirnya dengan iming-iming hotwheels dia mau ke lab lagi.
daaan... sesampai di Lab Kimia Farma, ternyata.. tutup saudara-saudara. Aku nggak tau kalau Minggu KF tutup. Trus aku telpon Lab. Prodia ternyata juga tutup. Ya sudahlah rejeki Faiz gak jadi cek lab tapi tetep dapat hotwheels dari Abi.
Pas kami lapor dokter, dan melihat perkembangan Faiz di Minggu sore itu, dokter bilang ya sudah nggak ke lab nggak papa. Kayaknya Faiz emang typhus. Harus istirahat total seminggu lagi. Makan masih tetap bubur.

Alhamdulillah, setelah seminggu istirahat total, nggak sekolah juga, akhir minggu kedua Faiz udah sehat. Tapi kata dokter masih harus menjaga makanan sampai sebulan. Alhamdulllah Faiznya nurut juga.  Dan kemarin di akhir minggu ketiga, untuk pertama kalinya dia bepergian setelah sakit, yaitu ke rumah Mbak Tri untuk arisan the girls bareng Mbak Ida dan Mamak Sondang.

17 komentar:

  1. lekas sembuh Faiz..
    salam.

    BalasHapus
  2. udah mamayu sekarang mah ya Teh? he he. Semoga besok2 ga sakit lg ya Faiiiiz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhuun.. nuju mamayu. Tapi masih keneh milih-milih makanannya..
      makasih doanya ya Tanteu Cantiik

      Hapus
  3. Waaah, jagoannya umi batu sakit, ya.
    Sering telat makan apa, Mba? Wajahnya pucet yo.

    Faiz, sehat selalu, ya. Makan yang rajin. Dan minum sari kurma juga biar trombositnya stabil. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ... bulik... habis sakit. alhamdulillah sekarang udah sehat lagi. nanti dipesenin, biar makan teratur dan nggak jajan sembarangan.hehe...

      Hapus
  4. alhamdulillah Faiz sudah sehat.....
    makan yang banyak biar makin cepat pulih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bu Dokter. alhamdulillah sekarang makannya lahap, dan mengerti ketika diberi tahu makanan yang boleh dan yang harus dihindari :D

      Hapus
  5. Sedihnya kalau melihat anak kita sakit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... sedih banget. Kata orang tua jaman dulu mah, pindahin aja sakitnya ke Ibu. tapi kan nggak mungkiin... paling ya jadi ikut begadang gitu.

      Hapus
  6. Mba, kok belum update, sih. Apa updatenya di blog kreasi, ya?

    BalasHapus
  7. Semoga Faiz Cepat Sembuh ya...

    BalasHapus
  8. Sedih banget liat foto Faiz bertampang melas gitu.

    Rafa juga baru pulih dari DBD, mbak.

    Sakitnya 2 minggu saat aku tinggal ke china pula. Akhirnya pas aku pulang, Rafa dirawat di RS. Cuma 4 hari sih, alhamdulillah sekarang udah sehat lagi.

    Faiz sehat terus ya, nak!

    BalasHapus
  9. waaah cepet sembuh yafaiz .. cepet ceria lagii

    BalasHapus
  10. alhamdulillah Faiz sudah sehat sekarang, ya :)

    BalasHapus
  11. faiz pinter yaaa g berontak waktu d cek lab smga sehat trs yaaa bs jaga makanan biar g sakit lagi

    BalasHapus
  12. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Kesan