Selasa, 27 Oktober 2015

Camping Bersama Blogger di Bloggercamp

Waktu di grup KEB ngomongin soal bloggercamp, aku langsung mencari tahu dengan searching di internet. Hehe soalnya aku termasuk yang malu bertanya. Jadi kalau nggak tahu aku diem diem nanya ke mbah gugel. Sampailah aku di webnya bloggercamp.

Dari situ aku tahu kalau acara yang dilaksanakan dalam rangka Hari Blogger Nasional ini, bakal dilangsungkan secara serentak di 4 kota yaitu Jakarta, Purwokerto, Surabaya dan Makasar. Saat aku buka webnya, registrasinya masih hitung mundur. Mules banget rasanya nunggu detik D. Alhamdulillah di Senin, 19 Oktober jam 10 aku register dan Alhamdulillah sekali lagi, aku dikabari Mak Ani Bertha bahwa aku termasuk yang ikut bloggercamp di Purwokerto. Yeay !!!!

Akupun mengurus perijinan ke Abi terutama, karena Abi kan bakal dititipin anak 5 selama aku camping. Terus mengurus cuti tahunan. Penting ini yaaa.... Syukurlah Abi ngijinin dan cutiku juga disetujui. FYI aja, di kantorku ada larangan cuti tahunan selama November-Desember ini. Jadi timingnya paaaas banget, camping di akhir bulan ini. Berangkatlah aku ke Purwokerto menggunakan travel Pamitran Jaya. Sampai di Purwokerto kesorean, kebetulan Mas Topan  salah satu panitia lagi njemput Kak Anazkia dan Mas Pradna di Stasiun Purwokerto, akupun akhirnya ikut dalam rombongan tersebut. Rencananya aku mau ikut Idahceris, tapi rupanya dia masih baru sampai Purbalingga, jadi katanya kasian aku kalau nunggu terlalu lama di Purwokerto. Iih Idah so sweet deeh, makasih yaa Idaaah....

Ketika maghrib berkumandang sampailah aku di Wisma Putih, di Dusun Wisata Ketenger, kecamatan Baturaden. Aku seneeeeng banget pas nyampai, ketemu pertama kalinya dengan mak Kandi Pungky Prajitno yang menjaga langsung meja registrasi, membagi snack dan memberikan kit acara bloggercamp, yang terdiri dari blocknote dan kaos dari utees.me. 

Aaaah aku udah nggak sabar menunggu saat sesi sharing dan api unggun. Serasa dejavu waktu Mak Pungky sebagai ketua panitia menyalakan api. Jadi inget pas jaman pramuka, aaaapi kita sudah menyalaaa...
Seerrrruuuu.... Dengan ditemani jagung bakar, kacang rebus dan minumnya susu jahe serta kopi susu malam itu acara utamanya adalah sharing session dilanjut perkenalan. Kak Naz dan cah unsud berbagi soal pengalamannya blogging selama ini. Kak Naz merasakan dari blogging ini mendapatkan rejeki berupa teman yang banyaaaak, hampir di setiap kota di Indonesia, dan Cah unsud berbagi tentang suka duka dan pengalamannya mengurus portal berita fakultas.

Daaaan... Hampir di setiap acara blogger seperti ini kan ada  lomba live tweet. Waduuuuh..... Padahal kempingnya kan di lereng Gunung Slamet yaaa.... Kebayang deh jauh kemana mana, masih ada sinyal nggak yaaaa ....
Untunglah di sini sinyal Indosat masih kuat jaya.  Indosat Love banget deeeh.....Live-tweet pun tetap bisa dilakukan tanpa halangan. Sssstttt... Semalam diumumkan aku pemenang live-tweetnya, tapi hadiahnya nggak langsung diserahin, katanya besok siang aja biar fotonya terang benderang hhaha....


Hari kedua
Hari kedua diawali dengan senam bersama yang penuh hahahihi dan sarapan bersama lontong pecel+mendoan+rempeyek+sate endog puyuh. Baru kemudian dilanjut talk show.

Pembicara talk show di Purwokerto ini ada tiga. Topiknya tentang membangun kredibilitas blog. Mereka adalah mas Pradna, mak Mirasahid  (founder KEB dan owner Meera O store) dan Mbak Eva (blogger traveller, digital enthusiast, dll)
Mas Pradna ini penggagas Dedemit/desa desa melek IT, dengan Melung menjadi desa percontohannya. Dimana hampir seluruh bagian desa ini sudah tersambung dengan internet yang bisa diakses gratis dan penduduk menulis, beraktifitas dan share semua itu  melalui you tube . mulai dari rapat RT, pelatihan, pemilihan kepala desa sampai nonton wayangpun sudah bisa live streaming. Nah kata mas Pradna, kalau menulis itu bisa merubah ke arah yang kebih baik, maka menulislah dan bangunlah jaringan.

Mak Mira Sahid  dan Mbak Eva awalnya menyampaikan tentang blog yang baik itu seperti apa ? Apakah yang tanpa iklan? Nggak ada titipan pesan tertentu ? 
Kata Mak Mira, sebenarnya nggak salah seorang blogger menjadi buzzer atau menerima job review, tetapi hendaknya kembali kepada diri blogger tsb. Tetaplah menjadi diri sendiri, menulislah sesuai passion kita, karena buzzer yang baik adalah yang kuat di list tertentu. Bukan yang gado gado.

Mbak eva juga menambahkan untuk membangun kredibilitas blog ini seperti kita menjadi diri sendiri aja. Perlu adanya konsistensi. Kesamaan antara kata-kata kita, tulisan kita dan perbuatan kita.  Dan akan lebih baik hasilnya, jika kita menulis topik yang sesuai dengan passion. Setelah itu, Biasanya yang lain lain akan mengikuti baik itu job review, endorse, dsb dan ketika kita menjadi buzzer dari produk tertentu, maka posisikan diri menjadi ambassador dari brand tersebut.
Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh mas Pradna, mak Mirasahid dan bak Eva mengatakan membangun jaringan dan bergabung dengan komunitas ini menjadi penting. Belajarlah banyak hal dari komunitas kita tsb.
Tulislah konten konten yang bermanfaat bagi orang banyak, dan Mak Mira juga berpesan tetaplah menulis, agar kita tahu siapa diri kita.

Senennnng deh bisa ikut bloggercamp tahun ini, terimakasih buat panitia Purwokerto khususnya dan juga para sponsor Indosat, Bluebirdgroup, Sunpride, Juara idea Agency, Tauzia Hotel serta Net Media sebagai official media partner acara ini. Tak lupa terima kasih juga untuk sponsor lokal yaitu Carica Gemilang  dan Metro Cafe yang akan memberikan diskon 20% food and beverage buat siapa saja yang hari ini datang dengan memakai kaos seragam bloggercamp.

Jajaran tenda di halaman wisma putih

Mak Mirasahid, Mbak Eva dan Mas Pradna. Tigapembicara sesi talkshow
Mak Pungky -ketua panitia- menyalakan api unggun

6 komentar:

  1. SElamat hari blogger dan selamat menikmati indahnya blogger camp *yang gak bisa ikutan terpana merana*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak Ririe....selamat hari blogger jugaaaaa... Keep blogging !

      Hapus
  2. Aku juga baru tau ada yg beginian umiii. Mudah2an next time bisa dan boleh ikutan hihi. InsyaAllah mulai semangat lg blogging nih aku!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin..nanti kalau Fenti ikut, ajak ajak kita yaaa hehe..yuuk keep writing yuuk

      Hapus
  3. Aku suka banget pas demger kata DEDEMIT. Soalnya, kepanjangannya oke punya. Bukan temen kuntilanak. :D

    Mbak makasih oleh2nya, ya. Semoga lain waktu kita bisa jumpa lagiiih. . . ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Singkatannya sereeem.... Tapi keren laaah... Jadi mudah diingat. Semoga kita jumpa lagi insya allah

      Hapus

Silakan Tinggalkan Kesan