Kamis, 01 Oktober 2015

Sekolah Ibu, 'Tempat Bermain dan Belajar' bagi Para Ibu

Tempat bermain dan belajar, iyah mirip mirip tagline majalah anak anak yaaa...
Nggak salah tuh ? Nggaklaaah...
Seperti yang pernah kuceritakan dulu di sini, Alhamdulillah Sekolah Ibu di Ujungberung masih tetep berjalan setiap bulan. Kurikulumnya macem-macem. Disesuaikan dengan kebutuhan peserta sekolah ibunya.
Pernah beberapa kali pertemuan diisi materi bahasa Sunda halus/lemes
Kadang tentang kesehatan, tentang psikologi, bercocok tanam di lahan sempit, masakan praktis buat dijual, tsaqofah Islam, pernah juga tentang pengolahan limbah/daur ulang sampah.
Itu belajarnya yaaa... Bermainnya di mana ?

Bermainnya keliling keliling hehe... Sowan ke rumah botol Pak Walikota, Silaturrahim ke Ibu Siti Oded wakil walikota, jalan-jalan ke Kota Baru Parahyangan untuk melihat masjid yang arsitekturnya dirancang oleh Ridwan Kamil, dll nggak usah dihitung yang botraman (potluck) di beberapa pertemuan yaa... Serulah judulnya.
Nah yang terakhir bulan kemarin ibu-ibu ngadain senam nusantara bersama-sama. Habis senam diisi taujih tentang supermom dan Tawazun (seimbang) dalam Amal.

Tentang Supermom, Ibu Yarnes Syam membacakan ayat Al Quran :
Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.
( QS. An Nahl : 97 )
Dan ayat :
Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka ta'at pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
(QS. At-Taubah : 71 )
Benang merah dari kedua ayat tsb :
1. Kemuliaan seseorang bukan ditentukan oleh gender, tetapi oleh amal sholeh, maka seorang perempuan / super mom harus senantiasa mengerjakan amal sholeh
2. Tolong menolong Maka seorang super mom harus care, tolong menolong,empati.
3. Amar ma'ruf nahi munkar
Bagaimana seorang wanita menjadi seorang super mom yang mandiri:
1. Hanya kepada Allah kita meminta pertolongan, husnudzonbillah (berbaik sangka pada Allah)
2. Menata emosi dan cepat menetralisir perasaannya.
Niatkan segala sesuatu karena Allah agar kita tidak mudah 'capek' / jenuh.
3. Senantiasa memperbaiki akhlaq kita, agar kehadiran kita selalu  berkesan bagi saudara-saudara kita
4. Senantiasa memelihara rasa syukur kita kepada Allah SWT
Pemateri ke 2 yaitu Ibu  Lia Rosliana, beliau ini pendidik di sekolah Cendekia Muda, salah satu putra beliau Juara OSN tingkat nasional, beliau membahas tentang Tawazun/seimbang dalam beraktivitas.
Poin-poinnya adalah :
* Seorang wanita adalah sosok yg multi (multi tasking,multi peran, serba multi )
* Seorang muslimah mempunyai multi peran di masyarakat. Tanakan dalam Mindset kita,  bahwa kita bisa melakukan berbagai tugas/peran tsb.
Urutan prioritas seorang muslimah :
1. Kepada Allah
2. Kepada suami
3. Kepada Orang Tua
4. Kepada anak
Agar dapat menjalani multi peran seorang muslimah di atas, maka  haruslah  senantiasa memperbanyak doa agar selalu sehat,  Diberikan  waktu yg berkah, senantiasa meminta tolong kepada Allah agar dimudahkan segala urusan (wayassirli amriii), meanfaatkan waktu sebaik mungkin.
Selain itu, gunakan waktu delay utk hal yang lebih bermanfaat misal tilawah, menelpon orang tua, mengecek tugas anak, dsb.
Bila perlu, gunakan bagan dan cek list agar gak ada yang terlupa. Tarik-ulur (fleksibel) dalam segala sesuatunya, daaaaan Tawazun, seimbang dalam urusan ke dalam (domestik) dan keluar (publik).
Serrrruuu kaan....
Senam Nusantara, senamnya indoor karena ibu ibu semua nggak ada yang bisa pasang kabel di lapangan hehe
belajarnya sambil ngajak anak anak
salah satu tas hasil sekolah Ibu, terbuat dari limbah bungkus white coffe, cakep yaa... ini bukan buatanku lhoo..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Kesan