Rabu, 23 Desember 2015

Mudahnya Pesan Taksi dengan Aplikasi My Blue Bird

Alhamdulillah , pekan lalu aku mendapat kesempatan untuk menghadiri acara Launching Aplikasi My Blue Bird untuk area Metro Bandung Raya. Acara ini dilangsungkan di Saka Bistro and Bar, Jl. Karangsari no. 2 Bandung.
Mungkin ada yang belum tahu, apa sih aplikasi My Blue Bird ini ? Apakah ada hubungannya dengan taksi Blue Bird ? Benar sekali, teman-teman.
Aplikasi My Blue Bird adalah sebuah inovasi dari PT Blue Bird Tbk agar  masyarakat wilayah Bandung Raya semakin mudah untuk  mendapatkan layanan taksi Blue Bird. Sesuai motto-nya yaitu ANDAL (Aman, Nyaman, Mudah, dan Personalise), Blue Bird selalu menciptakan berbagai inovasi dalam hal pelayanan kepada pelanggan. Sejak tahun 70-an Blue Bird sudah menerima pesanan / reservasi melalui telepon. Kemudian meningkat menjadi call center dan radio calling. Blue Bird juga yang pertama kali menerapkan teknologi GPS. Tahun 2000an ketika  telepon genggam mulai menjamur, Blue Bird menerima reservasi melalui SMS. Dilanjutkan dengan Taxi Mobile Reservation pada tahun 2011 yang saat iti masih terbatas pada blackberry dan IOS. Barulah tahun tahun terakhir ini Blue Bird meluncurkan aplikasi My Blue Bird dengan berbasis android.
Selain dalam hal teknologi reservasi, Blue Bird juga mempunyai inovasi dalam jenis jenis kendaraan, untuk taksi kini telah tersedia jenis sedan dan  MPV, ada jenis limusin yang kita kenal dengan nama Silver Bird dan ada bus yang dikenal juga dengan Big Bird. Selain itu Blue Bird juga punya layanan kendaraan khusus untuk para disable yang disebut dengan taksi Lifecare.

Acara launching aplikasi ini dilakukan langsung oleh Bapak Sigit P. Djokosoetono, Direktur  PT Bluebird.  Melalui aplikasi My Blue Bird, calon penumpang dapat mengetahui di mana posisi taksi yang dipesan, dapat menghubungi pengemudi, sekaligus dapat mengetahui estimasi biaya dari lokasi penjemputan sampai tempat tujuan, berapa no taksinya sekaligus identitas pengemudinya. Selain itu, setelah kita berada dalam taksi, kita bisa share info kepada keluarga atau teman, di mana posisi taksi kita. Asyik kaan...
Hadir juga dalam acara ini pejabat dari Dinas Perhubungan Kota Bandung Bapak Ricky Gustiadi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Dishub sangat mendukung peluncuran aplikasi ini, karena sejalan dengan program Bandung Smart City. Untuk mendukung smart transportation beliau mengharap semua perusahaan transportasi memperbaiki layanan terhadap masyarakat.
Terus bagaimana caranya memakai aplikasi My Blue Bird ini ?
1. Cari aplikasi My Blue Bird di appstore, unduh dan pasang.
2. Setelah itu kita registrasi, langkah pertama adalah memilih kota, karena Bandung adalah kota keenam dalam hal peluncuran aplikasi ini.
3. Kemudian minta kode verifikasi. Caranya masukkan nomor telepon kita. Nanti kita mendapat sms kode verifikasi
4. Masukkan kode verifikasi, dan klik tombol verifikasi.
5. Mengisi identitas lain.

pencarian aplikasi di appstore dan lembar persetujuan

empat langkah registrasi aplikasi

Bapak Sigit P. Djokosoetono saat peluncuran aplikasi My Blue Bird di Bandung
Selain awak media dan blogger, hadir juga selebriti yaitu Pidi Baiq yang kerap dipanggil Ayah, dan juga Pramudina, seorang anak muda yang lebih dikenal sebagai selebgram dengan akun @prafr. Baik Ayah Pidi Baiq maupun Pramudina mengaku sebagai pelanggan setia taksi Blue Bird. Dan merasa terbantu sekali dengan diluncurkannya aplikasi My Blue Bird ini. Sambil bercanda ayah Pidi Baiq membujuk untuk diijinkan menyetir sendiri taksi blue bird. Pak Sigit membalas agar Ayah Pidi mendaftar dulu sebagai driver dengan menghubungi Bapak Gatot (Kepala Cabang Bandung). Hadirin pun tertawa bersama.

Pidi Baiq dan Pramudina turut hadir
Setelah acara usai, dilakukan percobaan pemakaian aplikasi ini. Pak Sigit menunjukkan langkah-langkah memesan taksi melalui aplikasi. Tak harus lama kami menunggu, taksi yang dipesanpun datang. Penasaran dengan aplikasi ini, sehari setelah peluncuran akupun mencoba melakukan pemesanan taksi dari tempat tinggalku di Bandung Timur. Yang mana selama ini sussaaaah sekali untuk memanggil taksi menjemput ke daerah sana. Untuk jaga jaga, aku melakukan pesanan sekitar jam 12 dan minta dijemput jam 15. Alhamdulillah, taksi yang kupesan datang juga meski sedikit terlambat. Wajarlah.. namanya juga cari alamat.
Kemudian aku mencoba lagi dari Jalan Katamso menuju Hotel Imperium Jl. Dr. Rum, ternyata taksinya lebih cepat datang kalau posisi kita agak di tengah kota.
Aku puas dengan aplikasi ini. Bila teman-teman mau nyoba, aplikasi ini baru dapat digunakan di kota kota sbb. Jakarta, Semarang, Medan, Bali, Surabaya dan Bandung sebagai kota keenam. 
 
Mejeng di tengah acara


6 komentar:

  1. Urung geduk mbanjar, dong, Mbak. Hahaha Asyik, makin mudah utk memesan taksi berarti!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enteni bae ya.. kapan kapan geduk kana palingan

      Hapus
  2. wah tambah praktis ya ,irit pulsa telp juga. biasanya pesen taksi via telp

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Maak, alhamdulillah, ngirit pulsa bener. kalo inet kan kita selalu nyambung yak

      Hapus
  3. mba, ini serentak langsung berlaku di seluruh indonesia, atau cuma daerah yg sdh launching aja?? surabaya bisa juga gak yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma di kota yang udah launching aja Maaaak

      Hapus

Silakan Tinggalkan Kesan