Minggu, 29 Januari 2017

Nice Home Work IIP #1

Emak emak seumuran saya, biasanya sudah sampai pada tahap pencapaian tertentu dan sudah fokus di sana sehingga tinggal ngebut meraih prestasi dan spesialisasi.
Saya mungkin perkecualian. Karena sampai saat ini belum memiliki keahlian khusus yang pantas diandalkan. semuanya hanya kualitas rata rata. Perasaan seperti itulah yang mengantarkan saya ke kelas Matrikulasi Ibu Ibu Profesional . Daaaan..., here I am, mulai pekan ini dan beberapa pekan ke depan saya insya Allah akan berusaha menjadi siswa yang menurut dan rajin mengerjakan PR. Adapun pekan pertama ini, materinya adalah Adab Menuntut Ilmu. Berikut PR -nya....

* Satu Ilmu yang akan ditekuni
Dengan mantap  bismillah saya akan menjawab  ilmu pemasaran/marketing.

* Kenapa memilih itu ?
Alasannya adalah saya baru mendapati bahwa dibalik ilmu marketing ternyata ada banyak sekali potensi potensi kebaikan yang selama ini tidak/belum saya sadari.
Di samping ilmu marketing ini memang untuk menjual suatu produk, ternyata ilmu ini juga dapat dipakai untuk mengajak orang kepada kebaikan.
Contoh : ketika saya akan mengajak ibu ibu untuk ikut pengajian, maka saya harus menguasai bahasa marketing agar para ibu tertarik mengikuti pengajian tsb.
Ketika saya mengadakan kegiatan untuk anak anak remaja melalui Bina Keluarga Remaja, maka saya pun harus bisa mengemasf kegiatan tersebut dengan bahasa tertentu agar para remaja tertarik
termasuk ketika saya perlu donatur untuk acara yang saya buat, maka sayapun harus dapat 'menjual' acara tsb melalui presentasi ataupun proposal.
Daan ternyata baru saya sadari juga, ternyata ilmu pemasaran ini juga bisa menjadi sarana untuk menyalurkan hobby menulis saya sekaligus hobby fotografi  dan edit foto. Atau bahasa kerennya sekarang membuat markom

* Bagaimana strategi saya dalam mempelajari ?
Karena keterbatasan waktu dan mobilitas, maka saya berusaha mengoptimalkan segala cara yang saya bisa. antara lain :
1. Membaca buku buku pemasaran
2. Mengikuti kelas coaching online dan offline
3. mengikuti seminar dan pelatihan yang terkait
4. mengikuti sales clinic
5. follow akun akun sosmed para ahli pemasaran dan motivator
6. bergabung dengan grup WA maupun channel telegram bidang pemasaran

*Terkait dengan Adab Menuntut Ilmu ada beberapa hal yang saya perbaiki
1. Berusaha meluruskan niat karena Allah semata. Seiring dengan pencapaian pencapaian yang saya dapat, ujian berupa pujian dapat membelokkan niat.  Maka saya berusaha tidak memunculkan nama saya di setiap markom yang saya buat, khawatir akan mengganggu keikhlasan saya yang masih tahap belajar ikhlas
2. we are helping, not (just) selling. ini harus ditancapkan kuat kuat, agar tidak mudah kecewa ketika menghadapi kenyataan di dunia nyata yang tidak sesuai keinginan kita.
3, Belajar untuk lebih menghormati guru, meraih ridhonya dan menjaga kehormatannya, agar ilmu yang didapat semakin barokah.

wallahu alam bishowab

#NHW1_titiesti_IIPBandung


2 komentar:

  1. ya ampun samaan qta mbak lagi ikutan matrikulasi ini...ayo semangat sampai 8 minggu kedepan!:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi PR kedua dst jadi gak pede posting di blog 😀

      Hapus

Silakan Tinggalkan Kesan